Ahmadinejad Telan Obama Hidup-Hidup jika berdebat - CNN

Monday, August 16, 2010


Television CNN (Cable News Network) dalam kempen pendapatnya meminta pandangan para responden berikutan dengan pertemuan dan berkemungkinan juga berlaku debat terbuka antara Barack Obama, Presiden Amerika dengan Mahmoud Ahmadinejad, Presiden Republik Islam Iran. Demikian dilaporkan INN dari lapuran CNN Sabtu kelmarin 14/8.

Television CNN dalam sebuah laporannya menyebut kemungkinan di adakan debat terbuka antara Obama dengan Ahmadinejad dalam lawatannya ke New York. CNN menjelaskan, penerapan transaksi baru terhadap Iran bahawa Iran tidak mampu mencegah para pejabat Iran untuk memaklumkan tujuan-tujuan nuklearnya di Negara itu, mungkin juga Barack Obama dengan mengambil sikap yang lebih global untuk bertemu dan berdebat secara terbuka dengan Ahmadinejad bagi merealisasikan tujuannya itu.

Jenderal James Jones, Penasihat Keamanan Nasional Amerika mengatakan, "Bila Iran dalam perundingan nuklear tidak ikut dengan ‘keinginan antara bangsa', kemungkinan besar Barack Obama tidak akan berunding dengan Presiden Iran dalam pertemuan itu."

Selain itu, CNN dalam sebuah kempen pendapat yang dilakukannya, meminta para respondennya untuk menyatakan pendapat mereka soal pertemuan dan perdebatan yang kemungkinan akan di adakan.

Haitham, seorang responden Arab CNN menyebutkan bahwa debat terbuka ini harus dilakukan, karena tanpa mendengarkan ucapan orang lain, kita tidak boleh menghakimkan nya.

Hill, seorang responden Barat television CNN menegaskan, debat terbuka ini tidak boleh berlaku karena Barack Obama sangat tidak berpengalaman dan Ahmadinejad dengan pengalaman yang dimilikinya akan menelan Obama hidup-hidup!

Sementara Mona se orang lagi responden menyebutkan bahwa sebelum melakukan debat terbuka seperti ini perlu disusun sebuah agenda dan pentingnya kesiapan bagi para pejabat di tingkat bawah, karena sebuah pertemuan untuk melakukan dialog saja tidak bermanfaat.

Seorang bernama Frederick di situs CNN menulis, sekalipun perundingan dan dialog secara umum merupakan metode yang baik guna membahas perbezaan dan mencari jalan penyelesaian, namun dialog tidak akan bermanfaat bagi Amerika, karena dialog ini akan memperkuat posisi Iran dalam pembahasan nuklear.- IRIB/SL/MZ/matjejakrasul