USS Enterprise & Kapal Perang Perancis mula menuju perairan Lebanon

Friday, January 14, 2011

USS Enterprise
Kelmarin 13/1 diberitakan kapal-kapal perang Amerika dan Perancis sedang dalam perjalanan menuju perairan Lebanon. Lapur Fars News khamis lalu.

Laman Debkafile turut menyiarkan, dua kapal perang Amerika dan Perancis yang berada di Laut Mediteranian mulai bergerak menuju perairan Lebanon.

Laman web Israel ini mendakwa bahwa pergerakan terbaru kapal perang AS dan Perancis ini bertujuan mencegah konflik bersenjata antara Hizbullah dan Zionis Israel berikutan dengan bubarnya kerajaan Lebanon Rabu lalu.

Sumber-sumber tentera Amerika di Washington berkata, Amerika telah mengeluarkan perintah kepada kapal USS Enterprise untuk segera bergerak menuju perairan Lebanon. Laman Debkafile berusaha memprovokasi suasana krisis Lebanon dengan menyebutkan bahwa tujuan Amerika untuk mencegah konflik bersenjata antara Israel dan Iran di Lebanon. Itu motif nya.

"Di saat saat terakhir banyak analisa ‘panas' dan hubungan telepon antara Presiden Barack Obama, Raja Abdullah, Presiden Nicolas Sarkozy dan bekas Perdana Menteri Saad Hariri menyentuh suasana mutakhir Lebanon bagi mengambil pandangan Barat dengan masalah Pengadilan Antarabangsa terhadap Lebanon.

Krisis politik Lebanon semakin serius setelah Saad Hariri tidak memperdulikan usaha negara-negara Arab untuk menciptakan kesetabilan dan ketenangan Lebanon dan lebih condong mengikuti ‘angin’ Amerika dan Perancis bagi menjernihkan suasana di negaranya dan sokongan tanpa syarat mereka atas Pengadilan Antarabangsa untuk Lebanon.

Akhirnya, 11orang menteri yang dipimpin oleh Hizbullah mengundurkan diri yang menyebabkan bubarnya pemerintahan persatuan Lebanon yang dipimpin oleh Saad Hariri Rabu lalu. – irib/meng/cahaya