Canada mengusir diplomat Iran

Saturday, September 8, 2012


Jurucakap Kementerian Luar Iran Ramin Mehmanparast berkata, Teheran akan segera menangani langkah Canada yang memberi tempuh lima hari kepada para diplomat Iran untuk meninggalkan negara itu.

"Jawaban terhadap sikap ‘kemelut’ Canada ini akan segera disampaikan kepada rakyat Iran," kata Mehmanparast pada Jumaat lalu sebagaimana yg disiarkan Fars News.

Amerika dan Canada, kata Mehmanparast, menggunakan media-medianya untuk menipu yg Iran adalah negara yg tak masyhor dan menggambarkan situasi negara itu tak menentu serta kehiudpan rakyatnya amat menyedihkan. Kejayaann dalam menyelenggarakan KTT GNB Ke-16 merupakan kemenangan diplomasi bagi Iran yang membuat mereka geram dan terpaksa mengambil langkah jahat nye di luar diplomasi supaya kejayaan KTT GNB itu dipertikaikan pihak lain.

Menurut pegawai Iran, niat jahat Canada ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, Perdana Menteri Canada Stephen Harper juga mengambil tindakan permusuhan terhadap bangsa Iran. Canada membuat tuduhan2 haram dan sepihak kepada Bank Sentral Iran dan bank-bank lainnya serta memperlambat layanan counsuler pada warga Iran berkait dengan urusan2 mereka.

Mehmanparast menambah lagi, langkah-langkah Canada tersebut menunjukkan bahwa negara itu masih mengikuti beberapa negara Barat dan rejim Zionis. Dalam banyak lagi kepentingan lain dan beliau berkata tindakbalas dari Iran akan di umumkan dalam waktu terdekat. – najaf/hapsari irib9/12